Breaking

LightBlog

Friday, February 5, 2016

Laza Roma



Wiiih dari namanya ajja keren banget ya hahahahah, tapi ini adalah jenis penyakit yang tren banget di pondok, mungkin semua pondok juga mengenal istilah LAZA ROMA. 


ARTI DARI LAZA ROMA
Pada tahun dimana saya masih menginjak kelas 1 SMP saya pernah terkena virus ini, untung saya tidak berubah jadi zombie hahahahah,  laza roma sebenarnya adalah kutipan ayat yang artinya adalah “tidak boleh tidak” maksudnya pasti atau harus, mengapa disebut laza roma karena penyakit ini berdampak gatal pada daerah - daerah tertentu, jadi mau tak mau harus digaruk, maka dari itu di sebut laza roma kalau gatal yaa harus digaruk. Ahhahhaahah

PENYEBAB TERJANGKIT LAZA ROMA
Penyebab dari penyakit ini pun sampai sekarang masih simpang siur, karena saya merasakannya sendiri, ada yang bilang karena air dipondok, ada yang bilang karena nyuci baju nya tidak bersih, ada yang bilang tertular temannya yang terjangkit, masih banyak lagi yang bilang ini lah itu lah. Karena saya pernah mengalaminya menurut saya terjangkitnya penyakit ini adalah air pondok, karena saya dirumah biasa mandi dengan air keran dari PAM setelah di pondok saya harus mandi dengan air sumur, ya mungkin itu salah satu faktornya, atau bisa jadi karena nyuci bajunya tidak bersih. 

PENYAKIT YANG SAMA DENGAN NABI AYUB A.S
Nabi ayub A.S adalah salah satu hambanya allah yang soleh, beliau tidak pernah memalingkan dirinya dari menyembah dan meminta kepada allah, singkat cerita iblis berkata kepada allah bahwasannya iblis minta izin kepada allah untuk menyesatkan nabi ayub karena iblis tidak suka dengan nabi ayub yang soleh, ketika itu allah mengizinkan iblis untuk menggoda nabi ayub, salah satu godaan iblis yaitu nabi ayub di beri rasa gatal sampai – sampai terluka mengeluarkan bau yang tidak sedap, dan sangking parahnya penyakit nabi ayub ini di hidupi belatung, tetapi karena nabi ayub yakin bahwasanya allah akan menolongnya. Akhir cerita allah mengangkat penyakitnya nabi ayub yang dideritanya selama beberapa tahun. Disini bisa kita lihat bahwasannya penyakit nabi ayub hampir sama dengan penyakitnya santri pondok. 

PENCEGAHAN
Pencegehan yang penting agar penyakit ini tidak timbuh, adalah jangan sering menumpuk pakian terlalu lama, hindari atau jangan kontak langsung kepada yang teman yang terjangkit laza roma, cuci bersih pakaianmu, usahakan semua alas tidurmu di jemur di terik matahari ketika tidak dipakai. Tips saya ini hanya sekedar pengalaman saya ketika saya terjangkit laza roma. 

Semoga bermanfaat, jika ada cerita atau kata – kata yang salah dari ucapan saya, saya hanya mansia biasa, dari saya mohon maaf yang sebesar – besarnya. Terima kasih 

No comments:

Post a Comment

Adbox