Breaking

LightBlog

Thursday, December 31, 2015

SENDIRI DI KOTA SANTRI



Tahun 2005 adalah tahun dimana saya pertama menginjak kota santri Gading Mangu Perak Jombang Jawa Timur, dan ini adalah pertama kalinya saya tinggal bersama dengan orang – orang yang saya belom kenal sama sekali.

 BERFIKIR POSITIF
Terkadang sebagian dari masyarakat berfikir tentang anak –anak  yang di pondokin itu adalah anak – anak yang nakal, sebaiknya hilangkanlah fikiran negatif tersebut, tidak semuanya anak – anak yang di pondokan oleh orang tuanya adalah anak – anak nakal.
Karena saya mengalaminya sendiri, bisa di bilang saya bukan anak baik dan anak nakal, nakalnya saya, ya sebatas nakalnya anak – anak umur belasan, kenapa orang tua saya mengirim atau memondokan saya ke kota santri, karena orang tua saya ingin saya menjadi anak yang soleh.

SENDIRI DI KOTA SANTRI
Pada saat itu saya tidak pernah terpikir akan di tinggal sendiri di kota yang sangat jauh, kata “SENDIRI” bukan berarti saya hidup di kota mati, tapi arti dari kata sendiri itu adalah hidup ditempat dimana saya tidak bersama orang tua saya, saya melakukan semuanya tanpa orang tua saya, dari mencuci baju, menjemur, setrika, menyiapkan baju sekolah, dan lain – lain.

TUGAS YANG BERAT
 Untuk saya, melakukan aktivitas tersebut adalah hal yang berat, karena di rumah semua telah di siapkan oleh ibu saya, ketika saya ditinggal sendiri di kota santri saya melakukan hal itu sendirian, tapi di sisi lain saya menyadari bahwasannya selama saya tinggal dirumah semuanya telah disiapkan oleh ibu saya, dan disitu saya berfikir pekerjaan seorang ibu itu berat.

BADAN GEDE NANGIS SEMINGGU
Selepas saya ditunggu oleh ibu saya selama 2 minggu akhirnya ibu saya harus pulang ke Jakarta, sebenernya waktu paling lama orang tua menunggu anaknya di pondok hanyalah 1 minggu, hahahahah gak tau kenapa ibu saya paling lama nungguin saya sampai beradaptasi mungkin karena saya belom terbiasa, di minggu pertama saya merasa happy – happy ajja karena saya masih meliahat ibu saya, dan diminggu kedua ibu saya bilang kepada saya di minggu ini harus pulang, dan disitu lah saya selalu menangis, hahhah (gak kebayang badannya gede tapi nangisan ).

NANGIS SEHARI 3 KALI
Dari pagi sebelum berangkat ngaji nagis dulu, siang berangkat sekolah nangis dulu, malem pun juga begitu. Ahhahah akhirnya nangis pun seperti minum obat sehari 3 kali alhasil mata bengkak dan memerah seperti klan uchia, hahahahah. Dan akhirnya ibu saya memang harus pulang,sebenernya saya masih belom ditinggal tapi mau bagaimana lagi, apalagi saya adalah laki – laki,saat itu terbenak di pikiran saya “masa laki – laki nangisan”. Dan akhirnya saya ikut mengantar ibu saya ke stasiun Jombang, dan melihat beliau pulang dengan kereta bangunkarta di saat itu hati saya teriris – iris, badan seperti tidak ada tulang. 


JADWAL YANG PADAT

Tidak terasa seminggu berlalu setelah saya di tinggal oleh ibu saya, setelah saya nangis sehari 3kali, setelah mata saya seperti klan uchia semua saya lewati dengan tangisan, tapi lambat laun hari – hari saya mulai terbiasa dengan kehidupan saya dikota santri, karena waktu di asrama laki – laki sudah penuh akhirnya saya di tempatkan di kost – kostan yang tak jauh dari pondok yang kegiatannya sama seperti di asrama, dari jam 4 pagi saya sudah bangun untuk melaksanakan solat subuh, karena di timur jadi subuhnya duluan.

Jam 05.00 setelah solat subuh kegiatan saya selanjutnya adalah mengaji al quraan,sampai jam setengah 06.00, jika itu hari senin maka saya ada kegiatan tambahan yaitu amal sholeh  buang sampah, saya merasa jadi tukang sampah, hahaha tapi seru ternyata kalau dilakukan bersama – sama.
Jika selain hari senin,rabu dan sabtu maka saya free (bebas) dari kegiatan amal soleh, karena saya sekolah siang maka paginya saya mengaji kelas – kelasan dari jam 08.00 sampai jam setengah 11.00, setelah itu istirahat sebentar kemudian solat dzuhur, setelah solat dzuhur saya bersiap – siap untuk sekolah yaitu dari jam 13.00 sampai jam 17.15.

Sepulang sekolah saya melepas penat sebentar kemudian saya bersiap – siap mandi membersihkan diri untuk melaksanakan solat magrib, karena bukan saya sendiri di   kost – kostan maka mandi harus mengantri, setelah solat magrib saya melanjutkan yaitu mengaji himpunan (himpunan adalah kutipan dari 6 hadist besar), dari jam 18.00 sampai isya yaitu jam 19.00. 

Setelah itu dilanjutkan denga solat isya berjamaah di masjid luhur nurhasan, selesai solat jam 19.30 ada waktu sebentar untuk beristirahat sejenak, kemudian dilanjutkan mengaji lagi jam 20.00 sampai 21.30, setelah itu ada waktu 30 menit dari selesai mengaji untuk jajan atau yang masih merasa lapar bisa beli makanan di kantin.

 Jam 22.00 semua siswa siswi santri di haruskan kembali ke kamarnya masing – masing dan kegiatan hari ini pun selesai.

Itulah kegiatan saya di pondok gading mangu, sungguh padat tapi seru juga.
Sekian dari saya mudah – mudahan cerita saya ini bisa menjadi manfaat. amiin   

No comments:

Post a Comment

Adbox